DR-Math's

Berusaha Berbagi Walau Satu Kata

Calendar For Life Masehi

CALENDAR FOR LIFE (MASEHI/GREGORIAN)

Calendar For Life dapat diartikan Calendar selama hidup. Disebut Calendar For Life karena calendar ini memuat angka tahun sampai dengan abad ke-40 atau sampai dengan tahun 4099 Calendar ini masih dapat digunakan sebagai Calendar umum yang digunakan secara Internasional.( jika Allah masih mengizinkan bumi ini sebagai tempat bernaung para mahluk-Nya khususnya manusia).

Sebenarnya penanggalan dalam Calendar Masehi berulang dalam periode tertentu, yaitu setiap 23 tahun atau 39 tahun atau setiap 62 tahun. Artinya bahwa penanggalan pada tahun 1 tepat sama dengan penanggalan tahun 63, atau selisih satu hari dengan penanggalan tahun 40 karena tahun 40 merupakan tahun kabisat (tahun kabisat yaitu tahun yang habis dibagi 4 dimana jumlah hari dalam satu tahun ada 366 hari, atau jumlah hari bulan Februari ada 29 hari ).

Tidak diketahui dengan pasti siapa pembuat pertama Calendar ini, penulis memperoleh Calendar ini dari adinda H. Dodi Sudrajat (beliau Manager sekaligus pemilik Tour and Travel PT. Dago Wisata Internasional Bandung dan Insan Qolbu).

Di bulan Ramadhan pada tahun 1995 calendar ini penulis salin secara manual dengan Ballpoint Rafido 0.5 sebagai souvenir untuk calon isteri tercinta saat itu. Pada tahun 2003 Calendar ini disalin kembali dengan menggunakan sofware Corel Draw 9 sehingga bentuk Calendar lebih sempurna.

Bentuk Calendar For Life telah disusun oleh pembuatnya dalam bentuk melingkar, karena sifat dari penanggalan Masehi yang berulang dalam kurun waktu tertentu seperti tersebut di atas, Calendar For Life ini dilengkapi juga dengan nama-nama “pasaran” dalam penanggalan Calendar Jawa seperti : Kliwon, Legi, Pahing, Pon, dan Wage, sehinggga Celendar berbetuk lingkaran ini terbagi kedalam 35 sektor.

Calendar For Life ini penulis publikasikan untuk orang-orang yang memerlukan atau bagi mereka yang suka bisnis Calendar ini bisa diperbanyak yang selanjutnya dapat dijual insyaallah laris terjual.

Selanjutnya simak saja bagian-bagian Calendar ini, bagaimana menyusun, dan bagaimana menggunakannya.

  1. Apa bagian-bagian Calendar For Life ini ?

    Calendar For Life terdiri dari 3 bagian yang berbentuk lingkaran dengan panjang jari-jari yang berbeda-beda tetapi terbagi kedalam 35 sektor yang sama, sehingga dalam penyusunannya ketiga lingkaran tersebut terletak satu pusat (Consentris).

  • Lingkaran ke-1 , pada bagian terluar berisi angka-angka yang menyatakan tahun 0 sampai dengan 99 yang telah dikelompokkan sedemikian rupa oleh pembuatnya . Sedangkan pada bagian tengah berisi nama-nama bulan Januari hingga Desember, dan nama-nama bulan khusus untuk tahun kabisat, yaitu Januari Kabisat dan Februari Kabisat 29 yang telah ditata sedemikian oleh pembuatnya.

    Berikut bagian Calendar Lingkaran ke-1

 

  • Lingkaran ke-2

    Bagian Lingkaran ke-2, berisikan angka-angka yang menyatakan bilangan tanggal dari 1 sampai dengan 31 , karena lingkaran terdiri dari 35 sektor , maka terdapat 4 sector yang kosong.

    Berikut bagian Calendar Lingkaran ke-2


  • Lingkaran ke-3

    Dalam Lingkaran ke-3 , bagian terluar berisi nama-nama hari Senin sampai Minggu berikut nama-nama “pasaran” Kliwon, Legi, Pahing, Pon, Wage.

    Sedangkan pada bagian tengah berisi angka-angka yang menyatakan tahun dalam satuan abad. Jadi angka 1 mewakili 100 tahun.

    Berikut bagian Calendar Lingkaran ke-3

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.     Bagaimana Menyusun Calendar For Life ?

Susun bagian-bagian Calendar yang terdiri dari 3 ligkaran tersebut secara bertumpuk.

  • Lingkaran ke-1 (yang paling besar) berada di posisi paling bawah
  • Lingkaran ke-2 berada di posisi tengah
  • Lingkaran ke-3 (yang paling kecil) berada di posisi paling atas.

    Lubangi titik pusat ketiga lingkaran secara bersamaan agar terletak pada satu poros yang sama, kemudian gunakan baut+mur kecil sebagai porosnya agar Calendar saat diputar tetap berada pada porosnya.

    Berikut tampak susunan Calendar yang benar , tapi ini Calendar yang disalin secara manual, sehingga tampak hasilnya kurang begitu rapi.

Gambar diatas adalah Setting untuk Penggunaan Calendar Bulan Mei 2010

Beberapa Tips penyusunan :

  • Copy paste gambar Lingkaran 1, 2 , dan 3, lalu print pada HVS , selanjutnya dapat di photo copy dengan skala pengecilan sesuai selera dengan menggunakan kertas jilid agar tidak terlalu tipis. (pengalaman hasil photo copy tidak luntur dan lebih tahan lama dibanding hasil cetakan printer, karena tinta printer mudah luntur jika terkena cairan atau keringat tangan kita)
  • Tempelkan secara permanen Lingkaran ke-1, pada kertas Duplex setebal 2-3 mm, atau pada tripleks,atau plastik fiber, atau pada material yang bersifat keras dan tidak elastis.
  • Lapisi setiap antara dua lingkaran dengan plaktik transparan agar licin saat memutar Lingkaran ke-2 dan lingkaran ke-3, atau setiap lingkaran di-laminating.
  • Dapat dibuat standar tempat Calendar tersebut dari bahan seperti Fiber glass, atau kayu tergantung kreativitas.

3.    Bagaimana Cara Menggunakan Calendar For Life ?

    1. Misalkan kita ingin menggunakan kalendar bulan Mei 2010.

    Langkah-langkah setting Calendar :

  • Putar lingkaran ke-2 (lingkaran di posisi tengah) dengan arah bebas, hingga bagian yang dipotong berada tepat pada bulan Mei (31) pegang bagian lingkaran ini agar tidak turut berputar saat memutar Lingkaran ke-3 (paling atas).
  • Putar lingkaran ke-3 (paling atas) hingga sector yang memuat angka 20 (karena 2000 tahun=20 abad) terletak dalam satu sector dengan angka 10 pada bagian Lingkaran ke-1.

Sehingga pemutaran yang benar tampak pada gambar diatas !

Perhatikan tanggal 1 Mei 2010 jatuh pada hari Sabtu Wage

Untuk bulan berikutnya Juni 2010 , putar lingkaran ke-2 hingga menemukan bulan Juni.

(hati-hati lingkaran paling atas jangan sampai ikut berputar, harus tetap pada tahun 2010)

2.   Melacak Penanggalan Tahun ke Belakang

Misalkan seseorang lahir pada tanggal 3 Agustus 1970. Jatuh pada hari apa pada tanggal tersebut ?

  1. Langkah-langkah setting Calendar :
  • Putar lingkaran ke-2 (lingkaran di posisi tengah) dengan arah bebas, hingga bagian yang dipotong berada tepat pada bulan Agustus (31) pegang bagian lingkaran ini agar tidak turut berputar saat memutar Lingkaran ke-3 (paling atas).
  • Putar lingkaran ke-3 (paling atas) hingga sector yang memuat angka 19 (karena 1900 tahun=19 abad) terletak dalam satu sector dengan angka 70 pada bagian Lingkaran ke-1.

     

    Gambar berikut Setting Calendar untuk bulan Agustus 1970.

Tampak bahwa tanggal 3 Agustus 1970, jatuh pada hari Senin PON.

Penanggalan Ini Kalendar yang digunakan Bulan Agustus 1970

Sebagai latihan coba setting Calendar untuk tgl 16 Desember 1968, jatuh pada hari apa?

Setting yang tepat jatuh pada hari Senin Pon juga.

3.   Setting Calendar untuk Tahun Kabisat

 

Karena tahun 1972 termasuk tahun Kabisat, maka untuk bulan Januari, setting ke bulan Januari Kabisat, begitu pula untuk bulan Februari .(jika tahunnya tahun Kabisat ).

Selamat Mencoba berkreasi menyusun dan menggunakan Calendar For Life ini sebagai salah satu barang koleksi anda .

Posted By DR-Math’s May MMX

14 Mei 2010 - Posted by | UMUM | , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: