DR-Math's

Berusaha Berbagi Walau Satu Kata

PERMAINAN SEDERHANA DENGAN MS.EXCEL

PERMAINAN SEDERHANA DENGAN MS.EXCEL

MENU

 

Dua permainan sederhana yang berkaitan dengan matematika ini didesain dengan menggunakan MS. Excell.

  1. Menebak Bilangan

Permainan menebak bilangan yang dirahasiakan dalam interval tertentu, tepat dimainkan oleh siswa SD maupun SMP kelas VII, karena penulis sendiri mengenal permainan ini saat pertama masuk SMP. Permainan ini bersifat mendidik karena melatih keterampilan berpikir anak secara nalar dalam menjumlahkan beberapa bilangan bulat positif.

Pada permainan ini, biasa kita membuatnya dengan beberapa lembar kartu yang berisikan beberapa angka-angka dari bilangan yang sudah disusun sedemikian rupa sehingga bilangan yang dirahasiakan oleh teman bermain kita, dapat ditebak hanya dengan menjumlahkan angka-angka pertama pada kartu-kartu yang memuat bilangan yang dirahasiakan oleh teman bermain kita.

  1. Bagaimana cara memainkannya?
  • Permainan ini melibatkan dua orang, satu orang pemegang kartu yang bertindak sebagai penebak bilangan yang dirahasiakan teman bermainnya.
  • Pemegang kartu meminta teman bermainnya untuk menentukan dan merahasiakan satu bilangan dalam interval yang ditentukan, misalkan bilangan itu terletak diantara 0 dan 256 atau bilangan itu minimal 1 dan maksimal 255. Dengan demikian jumlah kartu yang dipersiapkan ada sebanyak 8 kartu.

Selanjutnya penebak memperlihatkan mulai dari kartu ke-1 s.d. ke-8 dan, meminta teman bermainnya untuk memeriksa dan menyebutkan dengan pasti bahwa bilangan yang dirahasiakan, angkanya ada atau tidak pada setiap kartu yang diperlihatkan. Kemudian pilah kartu yang memuat bilangan yang dirahasiakan tersebut dan jumlahkan angka-angka pertama pada setiap kartu dengan cermat. Hasil penjumlahan itulah yang merupakan bilangan yang dirahasiakan teman kita.

2. Bagaimana cara menyusun angka-angka pada setiap kartu?

– Langkah awal tentukan banyaknya kartu yang akan dibuat, misalkan 6 kartu

maka bilangan terbesar yang dapat diterka adalah 26 – 1 = 64 – 1 = 63.

Secara umum : Jika n banyaknya kartu, maka bilangan terbesar = 2n1

– Selanjutnya buatlah 6 lembar kartu dari bahan kertas karton atau kertas jilid atau apa saja yang pasti sedikit agak tebal berukuran 5 cm x 5 cm atau silahkan atur sendiri bergantung kreativitas anda yang penting dapat memuat semua angka yang harus di tuliskan. Kemudian berilah label kartu 1, 2, s.d. 6.

– Sekarang mulai menyusun angka-angka pada kartu tersebut, caranya sangat mudah, simak baik-baik!

Tulis angka 1 pada Kartu ke-1, dan angka 2 pada Kartu ke-2.

Selanjutnya untuk angka 3, karena dalam menebak angka-angka pertama setiap kartu yang dijumlahkan, maka 3 harus berada pada Kartu 1 dan Kartu 2.

KARTU 1 DAN 2

Selanjutnya untuk angka 4, tentu berada pada Kartu 3. Dan untuk angka 5, karena 5 = 1 + 4, maka angka 5 berada pada Kartu 1 dan Kartu 3.

Lanjutkan untuk angka 6, karena 6 = 2 + 4, maka 6 berada pada Kartu 2 dan Kartu 3. Untuk angka 7, karena 7 = 1 + 2 + 4 , maka angka 7 berada pada Kartu 1, 2, dan 3.

Begitu seterusnya hingga angka 63 tentu berada pada semua Kartu, mulai Kartu 1, Kartu 2, sampai dengan Kartu 6. Lengkapnya seperti berikut:

Saya percaya siswa-siswa SD mulai kelas II bisa menyusunnya, mudah bukan!?

Nah…, permainan menebak bilangan tersebut, penulis sajikan dengan MS. Excel, agar bisa dimainkan di laptop anda.

  1. PUZZLE SUDOKU

Puzzle Sudoku sebenarnya bukanlah permainan baru yang saat ini banyak dimainkan di handphone atau gadget-gadget hanya dengan mengunduhnya di situs-situs internet dengan flatform operating system yang beragam. Ada yang berbasis java, symbian, android dan lainnya. Seperti untuk HP lama dengan OS java, symbian dapat diunduh seperti di wptrick dan untuk gadget android game Puzzle Sudoku dapat diunduh seperti di Play Store, atau Samsung Apps.

Puzzle Sudoku merupakan permainan menempatkan angka-angka yang jauh lebih mudah dari permainan klasik menyusun angka yang telah ada beberapa ratus tahun yang lalu yang dikenalkan oleh Albrecht Durer seniman ahli pahat juga matematikawan dari Jerman pada tahun 1514 Masehi.

Puzzle Sudoku, hanyalah permainan menempatkan angka 1 s.d. 9, dengan aturan tidak boleh ada angka yang sama dalam satu baris, satu kolom(lajur) dan di dalam satu persegi berukuran 3 x 3 yang diberi garis pembatas, dan biasanya beberapa angka telah ditempatkan sedemikian rupa seperti pada gambar berikut:

PUZZLE SUDOKU

Angka yang belum terisi pada petak persegi (3×3) pertama adalah angka 5, 6, 8 dan 9. Letak angka 8 yang pasti di baris ke-3 kolom ke-1(karena kolom ke-2 dan baris pertama, angka 8 sudah ada), atau kita tulis letaknya di (3, 1) dan angka 6 letaknya di   (3, 2). Angka 5 di (1, 1) dan angka 9 di (1, 3).

Lanjutkan penempatan angka-angka lainnya dengan cermat pada baris ke-1 dan kolom ke-1. Seperti berikut:

SUDOKU

Sehingga apabila semua cell (petak) telah berisi angka yang tepat, maka semua cell akan berwarna hijau muda dan satu level permainan telah anda selesaikan. Klik level berikutnya.

Puzzle Sudoku ini hanya terdiri dari 5 level. Sebelumnya jangan lupa enable-kan setting macro dari setting baku MS.Excel agar tombol-tombol shortcut yang sudah didesain dapat berfungsi dengan baik.

Hampir semua sheet dalam file MS. Excel ini telah diproteksi, agar program yang didesain penulis dapat berjalan. Ada beberapa sheet yang tidak penulis proteksi khususnya yang berisi Puzzle Sudoku. Jadi, anda tak perlu membuka sheet yang diproteksi (walau mudah dilakukan) atau menghapus beberapa cell dalam sheet yang tidak diproteksi.

  1. MELACAK HARI KELAHIRAN

Melacak hari kelahiran atau hari suatu tanggal tertentu, bukanlah sesuatu yang sukar untuk dikalkulasi, karena perhitungannya merupakan hasil pengamatan nama-nama hari dari tanggal-tanggal yang sudah berlalu, kemudian di formulasikan dengan penambahan kode bulan yang berbeda-beda. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan dengan hari yang bertepatan dengan tanggal yang tertentu dalam bulan tertentu, karena jumlah hari dalam bulan Masehi berbeda-beda sehingga kode bulan yang digunakan berbeda-beda pula.     

Rumus yang biasa digunakan, yaitu:

Sisa pembagian oleh 7 dari hasil penjumlahan TGL + THN (dua angka terakhir) + 1/4 TH(sisa diabaikan) + Kode Bulan (KB).

Penjelasan : penambahan dengan 1/4 Th (sisa diabaikan) maksudnya menghitung banyaknya tahun Kabisat untuk tahun yang bersangkutan, karena selisih jumlah hari tahun Kabisat dan tahun biasa hanya 1, 366 – 365 =1.

Berikut Kode Bulan yang digunakan dan hari dari sisa pembagian 7 untuk rumus di atas.

TAHUN BIASA              TAHUN KABISAT

Bulan        Kode Bulan    Kode Bulan                               

Januari               1                 0

Februari             4                 3

Maret                 4

April                  0

Mei                    2

Juni                   5

Juli                    0

Agustus             3

September        6

Oktober            1

Nopember        4

Desember         6

Catatan: Tahun Kabisat adalah tahun yang habis dibagi 4.

Sisa bagi 7                   Hari

0                 Sabtu

1                 Minggu

2                 Senin

3                 Selasa

4                 Rabu

5                 Kamis

6                 Jum’at

 

Sebagai contoh seseorang yang lahir pada tgl. 6 – 11 – 1969, pada hari apakah pada tanggal tersebut?

Dua angka terakhir dari tahun kelahirannya yaitu 69, dan 69 : 4 = 17 abaikan sisanya, Kode Bulan Nopember yaitu 4, maka hasil penjumlahan dari:

Tgl + Th + 1/4 Th + KB = 6 + 69 + 17 + 4 = 96.

Selanjutnya 96 : 7 = 13 sisa 5, dan sisa 5 berkorespondensi dengan Kamis (lihat di atas!).

Jadi, tanggal 6 Nopember 1969 jatuh pada hari Kamis.

 

Contoh lain untuk tahun Kabisat:

Pada hari apakah tgl. 13 Februari 1924, tahun 1924 adalah tahun Kabisat, karena 24 habis dibagi 4, maka kode Bulan Februari = 3,

sehingga hasil penjumlahan dari :

Tgl + Th + 1/4 Th + KB = 13 + 24 + 6 + 3 = 46. Sedangkan 46 : 7 = 6 sisa 4

Sisa 4 berkorespondensi dengan hari Rabu.

Jadi, tanggal 13 Februari 1924 jatuh pada hari Rabu.

Catatan : Untuk bulan selain Januari dan Februari pada tahun Kabisat kode Bulannya sama dengan tahun biasa.

 

Contoh Lain:

Pada hari apakah tgl. 17 Agustus 1945?

Kode Bulan Agustus = 3, sehingga hasil penjumlahan dari :

Tgl + Th + 1/4 Th + KB = 17 + 45 + 11 + 3 = 76. Sedangkan 76 : 7 = 10 sisa 6

Sisa 6 berkorespondensi dengan hari Jum’at, dan dilengkapi dengan nama pasaran kalender Jawa, 17 Agustus 1945 adalah hari Jum’at (Legi).

Tetapi, formula ini setelah penulis analisa mengacu kepada kalender pada tahun 1900, dilihat dari kode bulan yang dipakai untuk masing-masing bulan sebagai bilangan penyesuai agar perhitungan tepat sesuai dengan kalender pada waktu itu sebagai acuan untuk perhitungan tahun berikutnya.

Sekarang bagaimana kita gunakan untuk melacak hari tanggal sebelum tahun 1900?

Misalkan tgl. 20 April tahun 571 .

Kode Bulan April = 0, 1/4 x 71 = 17, sehingga hasil penjumlahan dari :

Tgl + Th + 1/4 Th + KB = 20 + 71 + 17 + 0 =108. Sedangkan 108 : 7 = 15 sisa 3 dan sisa 3 berkorespondensi dengan hari Selasa.

Sedangkan berdasarkan Kalender melingkar yang penulis punya,  walaupun sudah lusuh karena dibuat 20 tahun yang lalu tetapi masih tampak jelas, tanggal 20 April 571 jatuh pada hari Senin.

Calendar For Life

Menurut Tarikh (sejarah) tanggal 20 April 571 Masehi adalah konversi dari tanggal 12 Rabiulawal tahun gajah dalam kalender tahun Masehi, yang merupakan hari kelahiran hamba Allah yang paling mulia Rasulullah Muhammad S.A.W. di Makkah pada hari Isnain (Senin) dan wafat di Madinah pada hari Senin tanggal 12 Rabiulawal tahun 11 Hijriyah dalam kalender Masehi tanggal 8 Juni 632 M begitu kata para ahli sejarah wallahu’alam.

Jadi, rumus di atas relevan digunakan untuk menentukan hari dari suatu tanggal mulai tahun 1900 dan tahun berikutnya jika anda mau menghitungnya secara manual.

Melacak hari kelahiran atau hari dari suatu tanggal tertentu, penulis kemas dalam MS. Excel agar mudah digunakan pada laptop anda dari tanggal 1 bulan 1 tahun 1 sampai dengan tahun 2050 dengan mengacu pada kalender melingkar yang penulis miliki. Kalender melingkar atau Calendar For Life yang penulis anggap lebih akurat karena disusun secara lengkap kesamaan penanggalannya.

File Excel 2Games of Math ini telah penulis simpan pada Google Drive yang bisa anda download secara gratis.

Untuk pemula, setelah masuk Google Drive Klik kanan file tsb, lalu klik Download, klik Save File dan OK.

 

Download file ini klik

Download 2Games Of Math

26 September 2015 - Posted by | TEORI BILANGAN, UMUM | , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: